Saturday 19 March 2016

Iritasi Wajah Karena Produk Klinik Estetika? Coba Cara Ini!


Wajah merupakan bagian penting bagi setiap orang karena bagian tubuh yang paling terlihat dan yang paling diperhatikan. Secara normal dan sejak dulu kala cewek sangat perhatian dengan wajahnya,tapi sekarang tidak hanya cewek yang memetingkan wajah, cowok pun peduli sekali akan muka yang bersih tanpa jerawat, komedo, dan lainnya bahkan sekarang ini sudah banyak cowo yang melakukan perawatan muka secara lengkap loh. Untuk itu, memiliki muka yang bagus dan mulus memang impian semua orang, sampai-sampai rela untuk melakukan berbagai perawatan demi mendapatkan kulit wajah yang cantik (biar semua orang iri :p).

Begitu pun dengan gue yang sudah melakukan beberapa hal demi wajah yang segar dan bersih, gue tidak ingin menjadi putih karena cukup bangga dengan kulit asli Indonesia hehe. Gue mulai melakukan perawatan wajah sejak SMP memakai sunblock (tabirsurya) dan bedak yang ringan sampai sekarang pun gue masih inget merk yang gue pakai yaitu Olay karena ringan banget dan tidak berbahaya untuk umur yang masih terbilang muda.
Zaman SMA udah makin centil kan, tapi gue tetap pakai Olay karena itu alasannya paling aman untuk digunakan, gue udah coba beberapa merek seperti Pond's tapi ga cocok. Kenapa gue paling mementingkan tabirsurya? Karena muka gue itu sensitif banget sama matahari, kalau engga pakai muncul putih-putih seperti terbakar jadi gue selalu pakai setiap gue mau ke luar rumah.
Kuliah? Gue mulai nakal alias coba-coba produk yang bagus untuk muka. Dengan cara mencoba ke klinik estetika yang ada di Jogja (gue dulu kuliah di Jogja), niat awal gue untuk menggunakan perawatan dari klinik dengan inisial L ini karena ingin saja tidak untuk menjadi putih atau apa. Hanya mau mencoba, mengapa tempat tersebut sangat rame dan terkenal.

Tahun 2013 gue datang ke klinik estetika L yang menawarkan konsultasi ke dokter (gratis seinget gue), setelah konsul dokter tersebut masalah kulit wajah gue adalah kering tapi masih normal jadi gue dikasih banyak paketnya tapi yang gue ambil hanya tabir surya dan pembersih muka yang apel (untuk kulit normal). Di hari pertama gue dateng ke sini, gue juga melakukan facial wajah gue lupa pakai apa tapi kira-kira yang harganya 150-200rb. Cara memakainya sama dengan produk lainnya, jadi bagi gue tidak ribet pakainya hanya pagi dan siang pakai tabir surya, malam sebelum tidur bersihkan muka dengan facial wash yang apel. Perubahan kulit muka gue setelah menggunakan ini jadi lebih bersih dan segar aja (gue minta ke dokter tidak untuk putih ya, jadi tidak dikasih pemutih gitu) tapi setelah gue pakai 1 tahun yaitu tahun 2014 ada perubahan yang lumayan besar terjadi yaitu muka gue merah-merah dan bentol-bentol plus gatal sekali.

Ini hari pertama muka iritasi setelah KKN

Awalnya, gue pikir karena waktu itu gue pergi KKN perubahan suhu yang drastis menimbulkan muka gue merah-merah jadi gue diamkan selama 2 bulan. Namun, setelah gue selesai KKN dan kembali ke Jogja muka merah-merah gue semakin parah.... bahkan di salah satu hari penting muka gue super merah... udah deh stress banget di situ. Apa yang gue lakukan? Gue kembali ke klinik estetika dengan inisial L itu dan menanyakan kenapa muka gue bisa merah-merah + gatel, dokternya kasih krim iritasi dan memberi penjelasan. Berharap bisa sembuh setelah konsultasi dengan dokter, setelah seminggu menggunakan krim iritasi muka gue kembali merah-merah... sangat frustasi dan akhirnya gue memutuskan untuk tidak menggunakan produk dari klinik estetika tersebut.

Panik, nangis, dan bingung dengan keadaan muka pada saat itu. Hal pertama yang gue lakukan adalah browsing tapi tak kunjung menemukan solusi untuk wajah gue ini dan akhirnya pacar gue menyarankan untuk dalam beberapa waktu ga usah pakai produk apapun bahkan make up, gue lakukan ini untuk seminggu sambil terus mencari solusi terbaik agar cepat sembuh.

1. Masker Oatmeal
Caranya gampang banget, oatmeal dikasih air hangat lalu ditempelkan ke muka yang bentol-bentol atau jerawat juga bisa.

2. Masker Madu
Ini termudah menurut gue, lo cukup olesin madu selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

3. Cuci Muka dengan Air Bersih
Setiap habis dari luar gue cuci muka dengan air bersih tidak memakai sabun

Perjuangan gue menghasilkan pencerahan, dengan melakukan 3 perawatan di atas merah-merah dan bentol pada muka gue agak berkurang. Namun, gue tidak puas dan ingin tahu dengan keadaan wajah gue yang sebenarnya jadi gue datang ke dokter spesialis kulit di Jogja praktek di Apotek Tina Farma Jl. Kaliurang km 6-an, dokter ini sangat terkenal bagus di Jogja bahkan harus pesan dulu kalau mau ke sana. Gue inget banget jam 9 malam gue telefon ternyata dokternya masih praktek dan gue dapet jam 11 malam, memang rame sekali pas gue dateng. Setelah berkonsultasi dengan dr. R ini gue dikasih krim dan dikasih beberapa pantangan makan plus dikasih obat juga agar disembuhkan iritasinya dari dalam, alhamdulillah  dengan konsultasi dokter plus 3 cara di atas selama 1 bulan muka gue sudah kembali normal dan gue tidak perlu menggunakan perawatan dari dr. R tersebut. Gue menyesal telah mencoba klinik estetika tersebut karena ternyata dokter-dokter yang ada bukan spesialis kulit! Bahaya bangettt mereka bisa aja kurang paham dengan keadaan muka kita. Gue sarankan lebih baik untuk memakai produk yang bermerek aja jangan coba-coba ke klinik estetika yang dokternya bukan spesialis kulit jangan deeeeh!

Setelah sembuh gue menggunakan produk alami dan juga murah loh! Apa yang gue pakai untuk muka gue? Tunggu selanjutnya di artikel selanjutnya ya!


XOXO, Salsa! 




No comments:

Post a Comment